Minggu, 08 Desember 2013

News


MACINTOSH


    Sobat bloggers, ada yang tau Machintosh ? Atau Mac. Mungkin untuk orang awam mac atau machintosh sangat asing ditelinga, kecuali saya menyebut Apple, pasti tau kan? Apple adalah merek dagang sekaligus perusahaan yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc yaitu sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang computer. Apple adallah perusahaan yang menciptakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yaitu sebuah tampilan grafis yang mengandung alat-alat atau komponen-komponen yang memampukan pengguna untuk melakukan pekerjaan interaktif. GUI adalah software yang dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an. GUI dikembangkan dengan tujuan pengguna berinteraksi dengan perangkat keras computer serta memudahkan dalam pengoprasian sebuah sistem operasi (user friendly).

    Gambar : GUI (Graphical User Interface)

    Sumber: Bahan Ajar Komputer Aplikasi II


    Sistem operasi pertama yang menggunakan GUI adalah Machintosh dari Apple, pada tahun 1984 yang dipelopori oleh Steve Jobs, sebelumnya steve jobs khawatir dengan kurangnya piranti lunak yang tersedia, layar hitam putih dan arsitekturnya yang tertutup, namun akhirnya merk mashintosh menjadi produk yang berhasil bagi Apple bahkan sampai saat ini. Banyak yang merasa kesuksesan itu jauh lebih besar dari kenyataannya, ketika Bill Gates pendiri dan sekarang pemimpin Microsoft mengunjungi kantor besar Apple di Cupertino, Steve Jobs menunjukkan sebuah prototype dari antarmuka pengguna grafis untuk Machintosh.

    Baiklah sekian dulu sedikit pembahasan tentang sejarah Machintosh dan Apple, sekarang waktunya saya, kembali ke topic utama.





    1. Definisi Mac OS 




    Sebelum kita mengetahui system operasi mac (Mac OS), terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan OS (Operating System) atau Sistem Operasi. Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

    Sistem Operasi Mac OS terbagi menjadi dua File System, yaitu Hierarchical File System atau biasa disingkat HFS dan HFS+, salah satu kelebihan dari File System ini adalah memiliki fitur Hotfiles. Hotfiles sendiri ialah kemampuan untuk menyusun dan merapihkan dirinya sendiri tanpa campur tangan user.

    HFS adalah singkatan dari Hierarchical File System. HFS merupakan File System yang dikembangkan oleh Apple Computer untuk digunakan pada komputer yang bersistem operasi Mac OS. File System ini menggantikan MFS (Macintosh File System) sebuah File System flat yang digunakan pada Sistem Operasi versi sebelumnya. Pada awalnya File System ini dirancang untuk digunakan pada floppy disk dan harddisk, akan tapi pada perkembangannya juga digunakan pada media read-only seperti CD-ROM. HFS mulai diperkenalkan ke publik pada September 1985 sebagai File System untuk Sistem Operasi Mac OS System 2.0.



    Karakteristik dari File System ini adalah :

    1. Mendukung model direktori berhirarki

    2. Ukuran file maksimum 4 GB

    3. Ukuran disk maksimum 4 GB

    4. Jumlah file maksimum 65.535 HFS+



    HFS+ merupakan File System pengganti HFS yang memiliki keterbatasan dalam ukuran file dan disk. HFS+ pertama kali dirilis pada tanggal 19 Januari 1998. HFS+ juga digunakan pada Sistem Operasi Mac OS 8.1. Selain itu File System ini juga digunakan pada harddisk iPod dari Apple.


    Karakteristik dari sistem file ini adalah :

    1. Mendukung model direktori berhirarki

    2. Ukuran file maksimum 8 EB

    3. Ukuran disk maksimum 8 EB

    4. Jumlah file maksimum tidak terbatas





    Apa bedanya Mac OS dengan system Operasi Lainnya? 



    1. Operating System


    Dari Segi OS:
    Macintosh ==== >Closed Source/Factory Operating System Software



    Closed Source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang closed source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun berbayar. Dalam hal ini Apple hanya memberikan system operasinya pada sebuah computer atau laptop yang dapat mendeteksi source codenya. Sehingga sisitem operasi ini tidak dapat diinstal di laptop lain, yang tidak dapat mendeteksi source code Apple.


    Open source/Free Operating System Software


    Untuk OS Lain lebih ke Open Source

    Open Source adalah sebuah system dimana pengguna mendapatkan program dan source codenya secara gratis bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakuka modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

     BIOS/Basic Input Output Software Bootable System


    BIOS (Basic Input Output Software) merupakan akronim untuk dasar system input/output. Bios adalah bagian pertama boot computer, dan merupakan pengaturan untuk boot Operating System. Serta juga bertanggung jawab untuk beberapa bagian yang paling mendasar computer interface seperti keyboard dan video juga dapat berkomunikasi dengan kartu NIC dan kabel data, bahkan memberikan fasilitas untuk booting dari interface. Sementara untuk Apple yakni Bootable System adalah merupakan system boot pertamanya Macintosh yang berbasis GUI, seperti pada gambar diatas.


    Roxeta Pada MAC


    Di Mac OS ada yang namanya Roxeta, Roxeta adalah teknologi emulasi yang dibuat Apple kedalam OS X, yang memungkinkannya untuk menjalankan aplikasi PowerPC pada komputer Mac yang menggunakan prosesor berbasis Intel.

    Seperti diketahui bahwa komputer Apple sebelumnya menggunakan PowerPC, microprocessor yang dibuat oleh IBM. Pada 2005, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple sedang dalam proses peralihan dari prosesor PowerPC ke Intel. Pada pertengahan 2006, seluruh komputer Apple telah dibuat dengan menggunakan prosesor Intel.






    Referensi:

    andrasana.wordpress.com

    id.wikipedia.org/wiki/apple_inc

    blognyakrishna.blogspot.com

    bahan ajar

    ririnyoung.blogspot.com

    eziekim.wordpress.com

    thearoengbinangproject.com/blog

    http://www.loenk2x.com/2009/03/pimp-your-leopard/ 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar